»
»
»Hiasan Indah dari Kulit Buah Jagung

Hiasan Indah dari Kulit Buah Jagung

Kulit buah jagung atau klobot sangat berarti bagi Maria Ardhie. Karena lewat karya perajin asal Solo, Jawa Tengah, itu klobot bisa dibuat bunga-bunga hias. Ia telah menularkan keterampilannya ini kepada ibu-ibu di kawasan Panularan, Solo.



Membuat aneka hiasan dari klobot memerlukan kecermatan. Prosesnya, klobot dikeringkan dulu di terik cahaya matahari selama beberapa jam. Setelah kering barulah diwarnai sesuai keinginan dengan pewarna tekstil. Lalu, agar klobot tidak mudah rusak ketika dibentuk nantinya, biasanya dua lembar klobot direkat menjadi satu.

Langkah selanjutnya, permukaan klobot dihaluskan dengan cara disetrika dan digunting rata. Tahap berikutnya klobot dicetak dan dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Dengan proses yang tak jauh beda, klobot juga bisa dibentuk menjadi aneka kerajinan hias lainnya.

Karya Maria banyak disukai konsumen. Banyak pembeli dari berbagai kota di sekitar Solo yang memesan.

sumber: liputan6.com/ wiwik susilo
"Hiasan Indah dari Kulit Buah Jagung" was posted by: World Spy blogs, under category kulit jagung and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2010/10/hiasan-indah-dari-kulit-buah-jagung.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Friday, October 29, 2010, 11:25 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger