»
»
»Kerajinan Tangan dari Batik Lawas

Kerajinan Tangan dari Batik Lawas

Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia kini tidak lagi dipakai hanya sebagai busana. Galeriku, sebuah usaha kreatif di Solo, Jawa Tengah, menggunakan kain batik yang sudah lama atau lawas menjadi aneka macam produk kerajinan unik.



Ide membuat usaha karena ingin memanfaatkan batik yang sudah tak terpakai atau rusak. Batik-batik tersebut kemudian didaur ulang. "Jarang sekali orang pakai batik lawasan ini untuk produk. Batik lawasan ada dua macam, satu untuk fashion, satunya handycraft," kata Endang Wahyudi, pemilik Galeriku.

Bahan baku batik usang tentu akan berisiko pada kualitas produk yang dihasilkan. Namun, Endang dan kawan-kawan memiliki cara untuk menyiasatinya. "Kami melapisinya dengan busa lapis," ucap Endang. Untuk produk yang besar seperti travel bag disiasati dengan vynil yang dilapisi puring.

Perkembangan Galeriku cukup pesat. Usaha yang digawangi Een dan Endang ini kini telah merambah pasar internasional, seperti Malaysia, Singapura, dan Jepang. Sedangkan pemasaran lokal berada di Yogyakarta, Jakarta, Bali, dan Bandung. Diakui Endang, pasar lokal lebih menaruh minat pada tas, boneka satwa, dan busana. Sementara masyarakat luar negeri lebih tertarik dengan kerajinan tangan.




sumber: liputan6.com/Julianus Kriswantoro
"Kerajinan Tangan dari Batik Lawas" was posted by: World Spy blogs, under category batik lama and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/10/kerajinan-tangan-dari-batik-lawas.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, October 28, 2010, 10:17 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger