»
»
»Koran Bekas Disulap Menjadi Tokoh Wayang

Koran Bekas Disulap Menjadi Tokoh Wayang

Bagi Burhan Gatot, koran bekas menjadi sebuah barang yang sangat berharga. Buah proses kreatifnya, perajin asal Solo, Jawa Tengah, ini mampu menjadikan koran bekas menjadi kerajinan bernilai tinggi. Perajin asal Baluwarti, Solo itu membuat koran bekas menjadi figurin atau boneka tokoh wayang.



Karya Burhan dijual seharga berkisar Rp 25 ribu hingga Rp 200 ribu. Peminatnya pun tak cuma dari wilayah setempat, tapi juga dari luar Pulau Jawa dan Bali. Alhasil untuk bisa memenuhi semua pesanan itu, pekerjaan Burhan dibantu sejumlah keluarga dan tetangga.

Seni wayang dilirik Burhan mengingat minimnya minat remaja terhadap karya seni ini. Ia khawatir jika terus dibiarkan seni wayang justru akan semakin punah. Tenggelam di tengah maraknya kemunculan tokoh-tokoh superhero rekaan.

Membuat tokoh-tokoh wayang sangat sederhana. Pertama koran bekas digunting sesuai ukuran. Setelah itu dipilin menggunakan alat yang dibuat sendiri oleh Burhan. Jika tidak proses pemilinan bisa dilakukan secara manual.

Langkah berikutnya koran bekas yang sudah dipilin dibentuk mirip manusia. Kemudian diberi pernik-pernik sesuai tokoh wayang yang diinginkan seperti topi, bentuk rambut, keris, baju, dan sebagainya.

Barulah setelah itu diberi sentuhan lain seperti menggambar ekspresi wajah dengan spidol. Atau pewarnaan pada bagian tertentu. Tujuannya agar tokoh wayang yang diinginkan bisa lebih menarik. (*)
"Koran Bekas Disulap Menjadi Tokoh Wayang" was posted by: World Spy blogs, under category wayang koran and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/10/koran-bekas-disulap-menjadi-tokoh.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, October 28, 2010, 9:48 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger