»
»
»Mengubah Batok Kelapa Menjadi Karya Seni

Mengubah Batok Kelapa Menjadi Karya Seni

Batok atau tempurung kelapa sepintas hanya sebuah sampah yang mungkin tak berarti apa-apa. Namun jika diolah dengan tangan kreatif, batok kelapa bisa berganti rupa menjadi sebuah karya seni kerajinan yang bernilai bisnis di antaranya aksesoris, hiasan, mainan, serta alat rumah tangga.





Aksesoris yang terbuat dari batok kelapa antara lain jepitan, dan bingkai foto. Sedangkan perabotan rumah tangga di antaranya gelas, nampan, penutup lampu, sendok, garpu, atau sendok sayur. Dengan sentuhan seni yang halus, kerajinan batok kelapa terlihat sangat artistik. Salah satu perajin batok kelapa adalah Wahyu Hastono.

"Batok kelapa punya beberapa keunggulan, di antaranya teksturnya," kata Wahyu.  Bahan yang dibutuhkan membuat kerajinan dari batok kelapa seperti lem kayu, amplas dan cat. Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Sebab diseratlah melekat nilai seni yang kuat, selain bentuk-bentuk unik yang dibuat.

Wahyu berani menjamin kerajinan patung dari batok kelapa merupakan yang pertama di dunia. "Saya jamin itu," kata Wahyu. Bahan baku ini banyak di dapat di pasar. Padahal sebelumnya batok kelapa hanya dipakai untuk dibakar. Dengan demikian usaha ini dapat  menjadi penghasilan bagi pengumpul batok.



sumber: liputan6.com/ cabe rawit
"Mengubah Batok Kelapa Menjadi Karya Seni" was posted by: World Spy blogs, under category batok kelapa and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/10/mengubah-batok-kelapa-menjadi-karya.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, October 28, 2010, 10:11 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger