»
»
»Susu Biji Nangka, Memanfaatkan Biji Nangka Menjadi Minuman Bergizi

Susu Biji Nangka, Memanfaatkan Biji Nangka Menjadi Minuman Bergizi

Biji buah nangka, yang selama ini, hanya dibuang, ternyata bisa dimanfaatkan menjadi susu yang sangat enak dan bergizi tinggi. Susu temuan warga Solo, Jawa Tengah, ini bahkan diketahui rendah lemak, sehingga, peminumnya tidak perlu takut ancaman obesitas atau kegemukan.




Musim nangka telah tiba. Buah ini sangat disukai berbagai kalangan, karena, selain murah, nangka juga enak dan mudah didapat. Tak hanya orang dewasa, buah yang berwarna kuning ini pun disukai anak-anak, karena, rasanya sangat manis. Tak ayal, di saat musimnya, buah nangka menjadi salah satu camilan keluarga di saat santai sambil bercengkerama. Sayangnya, selama ini, hanya buahnya saja yang dimanfaatkan. Sementara biji nangka selalu dibuang ke tempat sampah atau dijadikan limbah. Jikapun dimanfaatkan, paling hanya direbus.




Berawal dari keprihatinan inilah, dua warga Solo, yaitu Agata Retno Palupi dan Siti Rusminah, menggagas pemanfaatan limbah biji nangka menjadi alternatif bahan minuman yang murah dan bergizi. Dari berbagai konsultasi dan pencarian data berbagai sumber, mereka akhirnya memanfaatkan biji nangka menjadi bahan pembuatan susu.

Apalagi, sejak lama keduanya memang gemar minum susu, terutama susu kedelai. Namun, belakangan, harga susu kedelai terus melonjak, akibat kurangnya bahan baku. Dari sinilah, Agata dan Siti berpikir untuk membuat susu dari bahan alternatif, selain kedelai. Mengadopsi cara pembuatan susu kedelai inilah, keduanya mulai mencoba membuat susu dari biji nangka, yang dibelinya dari pasar.

Menurut Agata, cara pembuatan susu dari biji nangka tergolong sangat murah dan mudah. Peralatan yang digunakan pun sangat sederhana dan tersedia di hampir seluruh rumah tangga di tanah air.







Proses pembuatan susu biji nangka diawali dengan memisahkan nangka dari bijinya. Setelah itu, biji nangka direndam selama 12 jam, hingga kulitnya terkelupas. Setelah itu, biji nangka direbus hingga empuk, baru kemudian diblender dan disaring. Air sari biji nangka ini selanjutnya direbus dan ditambah gula atau perasa lain sesuai selera. Setelah matang, susu biji nangka siap disajikan hangat atau dingin.










Selain rasanya enak, dari uji laboratorium, susu biji nangka memiliki kandungan fosfor dan kalisum lebih banyak dari susu kedelai. Namun, kadar lemaknya sangat rendah, sehingga, orang yang meminum tidak perlu khawatir ancaman obesitas atau kegemukan.








Tak hanya airnya, ampas saringan biji nangka ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kue brownies yang sangat renyah. Selain tambahan pendapatan bagi keluarga, upaya membuat susu dari biji nangka ini juga sempat mengantarkan Agata dan Siti menjadi Juara Harapan Dua "Lomba Penelitian Ilmiah Remaja tingkat Nasional 2009" lalu. Sehingga masalah khasiat atau kandungan gizinya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena, sudah melalui penelitian ilmiah di lomba tersebut. (Wiwik Susilo)
"Susu Biji Nangka, Memanfaatkan Biji Nangka Menjadi Minuman Bergizi" was posted by: World Spy blogs, under category Susu Biji Nangka and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/11/susu-biji-nangka-memanfaatkan-biji.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Tuesday, November 2, 2010, 6:59 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger