»
»
»Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2010 : RECOVERY

Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2010 : RECOVERY

Hadir dengan tema “Recovery”, Jogja-NETPAC Asian Film Festival tidak hanya mengajak masyarakat untuk memaknai proses pemulihan yang merujuk pada bencana karena alam tetapi juga bencana yang disebabkan oleh berbagai persoalan sosial, politik, budaya sampai terorisme. JAFF berusaha menjadi ruang bagi khalayak untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah proses pemulihan.

 Berangkat dari tema itulah, maka JAFF mengajak berbagai pihak untuk bersama-sama memaknai dan mengapresiasi “Recovery” dalam perpektif luas. Pemutaran film yang diselenggarakan bersama enam kine dari berbagai universitas di Jogja (UII, UGM, UMY, Amikom, MMTC, ISI); public lecture bersama pengamat, praktisi dan akademisi dari berbagai latar belakang dan lembaga; dan seni rakyat Gugur Gunung bersama Taman Budaya Yogyakarta.

 Seni rakyat Gugur Gunung adalah acara pertunjukkan seni tradisi yang digagas oleh Taman Budaya Yogyakarta, sebagai “tetenger” atas bencana erupsi Merapi yang baru saja terjadi. Gugur Gunung dapat diterjemahkan sebagai “lelaku” dalam adat Jawa yang berupa semangat gotong royong untuk mengatur kembali dan bersyukur pada sang pencipta. Semangat ini yang seharusnya ada dalam proses recovery.

 Oleh karena itu, sangatlah tepat ketika tahun ini JAFF dan TBY berkolaborasi dan memberikan kesaksian atas berbagai bencana yang ada di sekitar kita dengan tetap menjunjung lokalitas. Berbagai film yang diputar JAFF 2010, mengajak kita untuk menjelajah dunia visual dalam balutan artistik. Dari bencana tsunami di Aceh, erupsi merapi, bencana lumpur di Sidoarjo hingga persoalan terorisme dan realitas-realitas sosial yang terjadi di berbagai daerah di Asia. Semuanya terangkai dalam semangat optimisme demi satu sikap, Recovery!

 Jadilah bagian dalam semangat “Recovery”, dari Jogja untuk Asia!

Sekretariat JAFF 2010
Jalan Jayeng Prawiran 18
Pakualaman Jogjakarta 55112
Telepon          : 0274 540249

Contact person         
Gundhi                       : 081578762772
Email                          : gundhi.a@gmail.com
"Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2010 : RECOVERY" was posted by: World Spy blogs, under category festival film and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2010/12/jogja-netpac-asian-film-festival-jaff.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Monday, December 13, 2010, 5:09 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger