»
»
»Komunitas Sajadah Batik/ KSB Jogja Persembahkan Sajadah Perca Batik dan Aneka Aksesoris Batik Gaul Khas Jogja Lainnya

Komunitas Sajadah Batik/ KSB Jogja Persembahkan Sajadah Perca Batik dan Aneka Aksesoris Batik Gaul Khas Jogja Lainnya

Komunitas Sajadah Batik/ KSB Jogja adalah sebuah komunitas pecinta agama (Islam) dan seni/tradisi --sekaligus-- di Yogyakarta. Komunitas ini berdiri sebagai bentuk keprihatinan terhadap masih adanya pemisahan antara ajaran agama dengan seni/tradisi yang berkembang di masyarakat setempat. Bahkan, seringkali, keduanya justru dibenturkan. Fakta tentang pelarangan pagelaran wayang di Sukoharjo, Jawa Tengah, dengan alasan kemusyrikan, tentu saja sangat memprihatinkan. Belum lagi fakta-fakta lain yang selama ini tidak pernah terungkap ke permukaan.


Padahal, jika ditelusuri lebih jauh, perkembangan agama Islam di Indonesia, sedikit banyak, tidak lepas dari peran seni/tradisi masyarakat setempat. Ingatlah, betapa sejumlah wali menggunakan media wayang untuk melakukan syiar Islam di tanah air. Ya, seni/tradisi hanyalah sebuah media, sementara ajaran agama adalah sebuah konten/isi. Jadi, keduanya tetap bisa disatukan -- demi kemanfaatan bersama tentu saja--

SAJADAH BATIK sengaja dijadikan simbol komunitas ini, karena, SAJADAH merupakan simbol agama (Islam), sementara, BATIK merupakan simbol seni/tradisi bangsa sendiri. Lewat sajadah batik terlihatlah perpaduan agama dan seni/tradisi. Terlihatlah, betapa keduanya bisa disatukan. Bahkan, menjadi sebuah karya atau perpaduan yang indah dan enak dinikmati berbagai kalangan, tanpa dihantui kekhawatiran akan konflik dan perbenturan. Harmoni keindahan dalam perpaduan agama dan seni/tradisi.

Salah satu hal yang dilakukan Komunitas Sajadah Batik tersebut. saat ini, adalah mempersembahkan kreasi sajadah perca batik khas Jogja, yang eksklusif, unik, kreatif dan bertradisi. Aneka sajadah perca batik tersebut ditawarkan dengan harga sangat murah dan terjangkau, yaitu Rp. 45.000,- per buah, agar semua kalangan bisa menikmati kreasi mereka. Info tentang sajadah perca batik ini ditampilkan sangat jelas di blog mereka, yaitu : sajadahbatik.blogspot.com. Jika berminat, telusuri saja persembahan mereka di blog tersebut.



Tak hanya sajadah batik, komunitas ini juga mempersembahkan kreasi lain, berupa aneka aksesoris batik gaul khas Jogja. Mulai dari berbagai tas, sandal, baju, dan sebagainya. Sama dengan sajadah batik, kreasi ini pun mereka tawarkan dengan harga terjangkau. Aneka kreasi tersebut dipampang di blog mereka lainnya, yaitu: aksesorisbatikgaul.blogspot.com. Tidak ada salahnya, jika anda mencoba untuk melihat persembahan mereka di blog tersebut.


Tak hanya sajadah perca batik dan aneka aksesoris batik gaul khas Jogja tersebut, aneka kreasi unik -- baik berupa barang maupun kegiatan-- yang mengedepankan perpaduan agama dan seni/tradisi akan terus dipersembahkan komunitas ini pada masa mendatang, karena, bagi mereka, ilmu, seni dan agama merupakan satu kesatuan yang seharusnya tidak dipisah-pisahkan. Ilmu membuat hidup lebih mudah, seni membuat hidup lebih indah dan agama membuat hidup lebih terarah.  Tentunya, perlu dukungan semua pihak, termasuk anda demi tujuan mulia tersebut. (*) 
"Komunitas Sajadah Batik/ KSB Jogja Persembahkan Sajadah Perca Batik dan Aneka Aksesoris Batik Gaul Khas Jogja Lainnya" was posted by: World Spy blogs, under category Komunitas Sajadah Batik and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/12/komunitas-sajadah-batik-ksb-jogja.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Saturday, December 11, 2010, 9:10 PM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger