»
»
»Konser Gamelan Elektrik Akan Digelar Di TBY Yogyakarta, Pekan Depan

Konser Gamelan Elektrik Akan Digelar Di TBY Yogyakarta, Pekan Depan

Pingin lihat pergelaran gamelan yang lain daripada biasanya? Inilah alternatifnya: Konser Gamelan Ochestra, yang akan digelar pekan depan (12/12) pukul 19.30 WIB di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Berbeda dengan pertunjukan gamelan selama ini, konser ini menyajikan perangkat gamelan yang tergolong sangat unik, kreatif dan tentu saja inovatif, yaitu perangkat gamelan elektrik.
Perangkat gamelan elektrik, menurut Dra Elza Ismail M Kes dari UGM sebagai panitia pagelaran ini, merupakan inovasi di bidang seni pertunjukan, terutama karawitan, dengan memanfaatkan perkembangan ilmu dan teknologi. Meski begitu, gamelan elektrik ini tidak diciptakan untuk menggeser gamelan tradisional, namun, seperti dinyatakannya kepada Harian Kedaulatan Rakyat, lebih untuk membantu para pembelajar gamelan yangmengalami keterbatasan dana, sehingga, bisa bereksplorasi dengan bebas.

Perangkat gamelan elektrik yang inovatif inilah yang akan diperkenalkan dalam Konser gamelan berjudul "Swara Gangsa Sinawung Wilasita Light Orchestra'' di TBY pekan depan. Konser yang melibatkan penyanyi Perancis dan Australia ini sekaligus untuk memperkenalkan perpaduan musik barat dan gamelan tradisional.

Sejumlah lagu tradisional dengan wajah baru akan ditampilkan oleh Pardiman Djoyonegoro sebagai perwakilan tradisional dan Hari Tito yang mengaransemen musiknya. Jika anda penasaran, panitia meminta anda segera mendapatkan tiketnya di sekretariat Konser Gamelan di Jalan Sekardwijan No 14 Yogyakarta. Nah, tunggu apa lagi? (*)
"Konser Gamelan Elektrik Akan Digelar Di TBY Yogyakarta, Pekan Depan" was posted by: World Spy blogs, under category konser gamelan and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/12/konser-gamelan-elektrik-akan-digelar-di.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Saturday, December 4, 2010, 4:49 PM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger