»
»
»Sambut Tahun Baru, Srawung Seni Candi akan kembali digelar di Komplek Candi Sukuh Karanganyar, 13 Desember 2010 - 1 Januari 2011

Sambut Tahun Baru, Srawung Seni Candi akan kembali digelar di Komplek Candi Sukuh Karanganyar, 13 Desember 2010 - 1 Januari 2011

Menyemarakkan malam pergantian tahun, para seniman dan budayawan dari berbagai daerah di dalam dan luar negeri akan kembali menggelar acara "Srawung Seni Candi". Acara yang sudah berlangsung ke tujuh kalinya ini akan digelar di kom­pleks Can­di Su­kuh, Ngar­go­yo­so Ka­rang­anyar.

Per­ge­lar­an ak­bar ini di­iku­ti oleh se­ni­man dan bu­da­ya­wan da­ri ber­ba­gai dae­rah ba­ik da­lam mau­pun lu­ar ne­ge­ri. Aca­ra sa­rat nu­an­sa se­ni tra­di­si ini di­he­lat pa­da Ju­mat-Sab­tu (31/12-1/1).

Sejumlah seni tradisi akan digelar dalam rangkaian kegiatan ini, seperti reog dan kethoprak. Acara juga akan diisi dengan kegiatan lain, seperti ti­ra­kat­an, mi­do­da­re­ni dan pem­ba­has­an Se­rat De­wa­ru­ci.
Juga tradisi Ngla­wang ya­i­tu se­buah tra­di­si me­nge­li­lingi de­sa. Se­be­lum­nya ter­le­bih da­hu­lu di­ada­kan Um­bul Du­ngo De­wa­ru­ci de­ngan iring­an ke­lom­pok San­tis­war­an La­ras­ma­dya mas­jid Nur­hu­da.
Rencananya, acara yang diikuti pa­ra pe­la­ku se­ni yang ti­dak ha­nya da­tang da­ri So­lo, namun juga dalam dan luar negeri itu akan dibuka oleh Di­rek­tur Ke­se­ni­an Ke­men­te­ri­an Ke­bu­da­ya­an dan Pa­ri­wi­sa­ta, Su­lis­tyo Tir­to Ku­su­mo. Sejumlah seniman dalam negeri yang terlibat berasal dari be­be­ra­pa ko­ta di lu­ar Ja­wa se­per­ti Ku­tai, Ma­ka­sar dan Ba­li. Se­mentara dari luar negeri,  se­ni­man dan bu­da­ya­wan da­ri Ir­lan­dia, Ven­ezue­la, Jer­man, Ing­gris, Ame­ri­ka dan Skot­lan­dia. Acara akan digelar pada hari jum'at, 31 Desember 2010 hingga sabtu, 1 Januari 2011. (*)
"Sambut Tahun Baru, Srawung Seni Candi akan kembali digelar di Komplek Candi Sukuh Karanganyar, 13 Desember 2010 - 1 Januari 2011" was posted by: World Spy blogs, under category festival seni and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2010/12/sambut-tahun-baru-srawung-seni-candi.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, December 16, 2010, 12:04 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger