»
»
»Minggu Besuk, Masyarakat Kwagon Adakan Saparan

Minggu Besuk, Masyarakat Kwagon Adakan Saparan

Masyarakat dusun Kwagon Sidorejo Godean Sleman akan menggelar Upacara Adat Saparan Kwagon, Minggu 23 Januari 2011 Pukul 09.00 WIB.  Acara tersebut dimeriahkan dengan kirab budaya berupa kirab pusaka, gunungan lanang-gunungan wadon, gunungan wulu wetu, dsb serta pentas seni tradisional jathilan.
Menurut Sukiman selaku ketua panitia, acara tradisi saparan ini mengandung maksud dan tujuan sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa bagi masyarakat setempat atas limpahan rizqi-Nya dan agar sebagian besar masyarakat yang berprofesi sebagai pembuat genteng melalui penggalian tanah liat/ lempung di kawasan gunung-gunung disekitarnya dapat terhindar dari aral dan gangguan.
Disamping itu acara tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya pelestarian tradisi dan nilai tradisional setempat sebagai alat pemersatu warga masyarakat setempat. Diharapkan pula acara tradisional tersebut dapat memperkaya aset pariwisata daerah.
Adapun kirab budaya berupa arak-arakan sesaji dari halaman rumah Dukuh Kwagon menuju lokasi labuhan di gunung Kwagon sejauh kurang lebih 2 kilometer, yang diiringi oleh bregada prajurit bertombak, sesaji ghunungan lanang, gunungan wadon, gunungan wulu wetu, gunungan lempong, gunungan genteng, rombongan santri Al-Barjanji Sekar Pamuji Rohmat, barisan buto atau “raksasa” lambang penguasa Gunung Kwagon, bregada penambang lempong dan bregada punggawa dan sesepuh masyarakat.
Usai upacara labuhan di Gunung Kwagon, gunungan lanang, gunungan wadon, dan gunungan wulu wetu diperebutkan secara oleh warga masyarakat pengunjung dan wisatawan yang berkeyakinan untuk “ngalap berkah” atau mengharapkan berkah labuhan tersebut.-

Sleman, 18 januari 2011
Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi
Pariwisata
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata



Wasita, SS, MAP



SMS Hotline: Wasita HP. 085743961968

Jl. Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman
Yogyakarta Telp/Fax:0274-869613
Website  : www.tourismsleman.com,
"Minggu Besuk, Masyarakat Kwagon Adakan Saparan" was posted by: World Spy blogs, under category upacara adat and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2011/01/minggu-besuk-masyarakat-kwagon-adakan.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Monday, January 17, 2011, 9:21 PM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger