»
»
»Architects under Big 3 #11 Sakti Soediro

Architects under Big 3 #11 Sakti Soediro

Ketika terikat bekerja penuh waktu sebagai seorang arsitek pada sebuah firma arsitektur justru terasa menghambat proses saya dalam berkreatifitas. Maka berhasil hidup & bekerja sebagai seorang arsitek lepas diBali selama hampir empat tahun merupakan pencapaian & berkah yang luar biasa untuk saya pribadi.

Memulai dari nol. Berbekal pengalaman minimum. Tak kenal apa dan siapa. Menjadi arsitek lepas di Bali ternyata tidaklah semudah & sesederhana yang dibayangkan. Kita dituntut untuk bisa menjadi lebih dari sekedar ’siap’ untuk bisa menjalaninya dengan maksimal.

"Siap untuk mengambil keputusan dengan cepat dan cermat. Siap untuk menjadi teramat sangat beruntung dan teramat sangat tidak beruntung. Siap. Untuk berpikir inside the box, outside the box, at the edge of the box dan berpikir as the box itself " merupakan salah satu kunci bisa bertahan menjalani profesi yang total menyenangkan ini.

Lepas dari banyak sisi menyenangkannya, ini serius, menjalani profesi sebagai arsitek lepas tidak semudah & sesederhana yang terlihat.

Tentang Sakti Soediro:
Menyelesaikan studi arsitekturnya dari Jurusan Arsitektur Universitas Islam Indonesia di Yogyakarta pada tahun 2004. Sakti melewati satu tahun pertama setelah kelulusannya dengan bekerja sebagai junior arsitek di TEKSTUR, sebuah studio Arsitektur berkembang dibilangan Jakarta Selatan. Tahun 2006 melalui sebuah kompetisi fotografi, Sakti meraih beasiswa untuk mengikuti pendidikan singkat tentang Photography and Digital Art di Temasek Polytechnic Singapura. Sakti memutuskan untuk memulai hidup di Bali dan bekerja lepas sebagai seorang arsitek sejak tahun 2007. Dengan segala pahit manisnya sampai hari ini Sakti telah berhasil menyelesaikan beberapa proyek arsitektural beberapa lainnya yang terkait dengan seni dan arsitektur.

Tentang Architects Under Big 3:
Architects Under Big 3 (AUB3) adalah sebuah kegiatan presentasi arsitektural dan diskusi yang diselenggarakan pada jumat pertama tiap bulan dan dipersembahkan untuk arsitek muda usia dibawah 30 tahun. Dalam kegiatan ini arsitek muda diberi kesempatan untuk mempresentasikan karya arsitektur beserta pemikiran mereka pada publik melalui presentasi non formal yang diteruskan dengan diskusi santai. Bertempat di Danes Art Veranda, peserta diberi kebebasan untuk memilih ruangnya sendiri -di halaman, ruang makan, rooftop, galeri- dimanapun tempat dimana mereka rasa paling nyaman untuk berbagi cerita dengan pendengarnya. Melalui pendekatan ini, arsitek muda beserta ide dan karya arsitekturnya berkesempatan untuk mendapatkan ruang berkomunikasi dengan khalayak yang lebih luas, baik khalayak awam arsitektur maupun khalayak arsitektur. AUB3 telah ditetapkan menjadi agenda IAI Bali dan tiap peserta yang berprofesi sebagai arsitek akan mendapatkan sertifikat dari IAI Bali yang dapat diambil pada agenda AUB3 di bulan berikutnya. (*)
*****
"Architects under Big 3 #11 Sakti Soediro" was posted by: World Spy blogs, under category pameran seni visual and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2011/03/architects-under-big-3-11-sakti-soediro.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Tuesday, March 15, 2011, 2:23 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger