»
»
»Pameran Seni Visual: The Art of Motorcycle

Pameran Seni Visual: The Art of Motorcycle

Seni custom/ modifikasi merupakan perpaduan unik antara seni, design, teknologi (otomotif), gaya hidup, dan berkaitan dengan fungsi dan peranannya sebagai kendaraan. Kendatipun merupakan perkembangan besar di dalam seni rupa, namun seni custom ini masih belum dilirik oleh mainstream seni rupa di tanah air, sehingga keberadaannya masih jarang dikenal dan diapresiasi.

Di beberapa negara maju seperti Amerika, Inggris, Jepang, Kan...ada perkembangan modifikasi/ custom sepeda motor, telah menjadi bagian dari perkembangan seni rupa, sebuah perkembangan baru sebagai seni alternatif/ new media art.

Pameran ini berusaha mempertemukan antara komunitas seni dan komunitas pecinta motor sebagai upaya sharing pengetahuan antara seni rupa dan otomotif, sehingga diharapkan seni custom akan menjadi bagian yang menarik dikaji oleh disiplin seni rupa. Sebaliknya, disiplin seni rupa dalam jangka panjang akan memberikan kontribusi perkembangan seni custom, sehingga lebih bernilai seni dan estetis.

TUJUAN KEGITAN INI :
- Memperkenalkan sejarah panjang seni custom sebagai sumber informasi berharga bagi masyarakat luas, dan dunia seni, bahwasanya perkembangan seni custom dunia tidak lepas dari munculnya gerakan seni Lowbrow art, Kustom Kulture dan DIY ( Do it yourself) culture, baik di Inggris maupun di Amerika, sebagai perlawanan atas seni mainstream.

- Mewadahi kreatifitas pecinta motor, bahwa seni custom sangat positif sebagai sarana ungkapan ekspresi, disamping sekaligus menyajikan ke publik akan jenis/ ragam genre yang berkembang sebagai ranah seni modifikasi Indonesia ( Jogya).

- Dalam jangka panjang, menuju harapan hadirnya kreator/ seniman motor yang mampu menghadirkan genre baru seni custom khas Indonesia, sebagaimana seni custom khas jepang, Inggris, maupun Amerika.


Materi Pameran:
1. Custom Sepeda Motor, meliputi seluruh jenis motor dan semua genre custom. Terbatas 60 unit motor custom. Sistem Seleksi I : via foto dan aplikasi. email: <modismotortby@gmail.com> , kholkholisx@gmail.com, atau Taman Budaya Yogyakarta. Seleksi II : motor custom. Peserta : Biker di Jogya: anggota club dalam JAC, MAC, HDCI, IMBI dll

2. Seni Visual; meliputi seluruh bentuk karya seni visual. Peserta Seniman yg Biker dan Biker yg berkarya seni ( Undangan dan Seleksi ). Meliputi juga: T-shirt, design custom, fotografi, poster, komik dll yg
berhubungan dengan motor/ custom.

3. Tempat Pameran: Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani no 1 Yogya. Waktu : 20 - 28 Juni 2011

Kuratorial : Pameran ini merupakan langkah awal mempertemukan dunia Custom dengan Seni Rupa, dengan pendekatan seni rupa. Custom sangat potensial menjadi bagian dari perkembangan seni budaya yang layak mendapatkan apresiasi. Dalam jangka panjang menuju wacana custom khas Indonesia.

Silahkan share info ini pada sesama Biker di Jogya.
"Pameran Seni Visual: The Art of Motorcycle" was posted by: World Spy blogs, under category pameran seni and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2011/03/pameran-seni-visual-art-of-motorcycle.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Sunday, March 13, 2011, 6:40 PM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger