»
»
»Disbudpar Sleman Sajikan Gelar Seni Kethoprak di Huntara

Disbudpar Sleman Sajikan Gelar Seni Kethoprak di Huntara

Dalam rangka kegiatan recovery pasca erupsi Merapi sekaligus untuk memberikan hiburan segar bagi warga masyarakat yang tinggal di tempat hunian sementara (huntara) dan sekitarnya,  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman menyelenggarakan Gelar Seni Kethoprak di huntara Gondang I Wukirsari Cangkringan Sleman mulai tanggal 26 – 30 April 2011.
 Demikian diungkapkan Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Sleman Edy Winarya, SSn, Senin 18 April 2011 di kantornya Jl. Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman. Edy menambahkan bahwa Gelar Seni Kethoprak tersebut diikuti oleh 5 (lima) grup yang terdiri dari 4 kecamatan yang terkena secara langsung dampak erupsi Merapi tahun 2010 silam yaitu kecamatan Cangkringan, Pakem, Turi dan Ngemplak serta 1 (satu) grup dari Komunitas Kethoprak Sleman (KKS).
Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya Gelar Seni Kethoprak tersebut disamping untuk kegiatan recovery pasca erupsi Merapi juga dimaksudkan untuk membangkitkan kembali aktivitas masyarakat khususnya masyarakat seni teater tradisional,  sebagai upaya pembinaan teater tradisi di kawasan lereng Merapi, dan upaya untuk mengembalikan kondisi psikis atau mental healing dengan memberikan hiburan segar.
Yang tidak kalah pentingnya, Gelar Seni Kethoprak tersebut juga dimaksudkan untuk menyongsong dan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 95 dan sebagai upaya untuk melakukan percepatan program kecamatan sebagai pusat pengembangan dan pelestarian kebudayaan.
Adapun urutan pementasan Gelar Seni Kethoprak tersebut adalah sbb: Selasa 26 April 2011 dari kecamatan Cangkringan yang menampilkan lakon Jayeng Rasa Jayeng Kusuma dengan sutradara Drs. Yuliyanto, Rabu 27 April kecamatan Pakem lakon Bateng Giring sutradara Purwantoro, Kamis 28 April kecamatan Turi lakon Jatha Sura Edan sutradara RB Tundhung Heru Tjintaka, Jum’at 29 April kecamatan Ngemplak lakon Tombak Kyai Buyut sutradara Tuwuh Bachroni dan Sabtu 30 April dari Komunitas Kethoprak Sleman menampilkan lakon Raden Subandaka sutradara Sugiman DN. Edy menuturkan bahwa kegiatan tersebut akan dimulai pada pukul 20.00 pada setiap harinya ditempat yang sama yakni di huntara Gondang I Wukirsari Cangkringan Sleman.-

Sleman, 18 April 2011
Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Sleman



Wasita, SS, MAP



SMS Hotline: Wasita HP. 085743961968 (IM3)
"Disbudpar Sleman Sajikan Gelar Seni Kethoprak di Huntara" was posted by: World Spy blogs, under category pentas kethoprak and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2011/04/disbudpar-sleman-sajikan-gelar-seni.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Wednesday, April 20, 2011, 2:29 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger