»
»
»Program “Open Theatre Process” Seni Teku

Program “Open Theatre Process” Seni Teku

Sepanjang 18 bulan (Januari 2011 sampai Juni 2012) Seni Teku menyelenggarakan sebuah program penciptaan teater di bawah konsep utama yang dinamai “mengakrabi ruang”. Program ini terdiri dari beberapa program bagian, di antaranya Sentimental Trip, sebuah program perjalanan untuk eksplorasi dan pertunjukan pada beberapa situs di beberapa tempat, yang diproyeksikan untuk melatih kepekaan rasa terhadap ruang; Open Theatre Process, sebuah program yang membuka kesempatan bagi insan teater di luar Seni Teku untuk berproses kreatif teater bersama kreator Seni Teku, yang mana hasilnya akan diproduksi dan dipanggungkan; Toward Performance, sebuah program yang memberikan kesempatan untuk berbagi, berlatih dan berdiskusi bagi kawula muda yang berminat serius mendalami ilmu seni peran teater; dan beberapa program lainnya.
 


“Mengakrabi ruang” sebagai konsep utama program 18 bulan ini merupakan landasan dasar Seni Teku dalam kerja penciptaan teater. Konsep ini diejawantahkan menjadi metode untuk mengenali, mengidentifikasi, dan kemudian mengambil sikap terhadap kompleksitas ruang yang melingkupi kerja penciptaan teater. Ruang-ruang yang menjadi prioritas utama adalah ruang sosial, ruang budaya, ruang narasi, ruang geografis dan ruang arsitektural, dalam hubungannya dengan kreator, tempat pertunjukan, teks dan bentuk pertunjukan, serta penonton. Konsep ini diharapkan membuka seluas mungkin medan kreatif dari proses kerja penciptaan teater Seni Teku.
 
Program Open Theatre Process membuka kesempatan bagi insan teater di luar Seni Teku untuk proses bersama menciptakan teater. Melalui program ini diharapkan kreator Seni Teku meluaskan ruang sosial proses kreatifnya, terutama dalam hubungannya dengan proses kelahiran dan transformasi ide-ide, terciptanya proses komunal yang lebih kompleks dan berbeda. Insan teater di luar Seni Teku yang tergabung dalam program ini, di samping dapat menimba pengalaman tentang model kerja penciptaan teater Seni Teku, juga diharapkan bisa melatih kompetensi kerja teaternya, terutama dalam ilmu seni peran.
 
Hasil program Open Theatre Process ini akan dipresentasikan dalam bentuk pertunjukan yang diproduksi oleh Seni Teku. Pemanggungan pertunjukan akan diselenggarakan pada September 2011 di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta.
 
Peserta program ini dibatasi dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:
1.      Memiliki minat serius bermain teater
2.      Memiliki komitmen belajar dalam proses komunal
3.      Bersedia mengikuti program latihan dan pentas (Juni-September 2011)
4.      Laki-laki atau perempuan, tanpa batasan usia
 
Peminat dipersilakan menghubungi nomor 08563 855 222 (Andika). Pendaftaran paling lambat pada 3 Juni 2011. Untuk info lebih lanjut, kunjungi www.seniteku.org.
"Program “Open Theatre Process” Seni Teku" was posted by: World Spy blogs, under category temu teater and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2011/05/program-open-theatre-process-seni-teku.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, May 26, 2011, 12:34 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger