»
»
»SAWMA - Sastra Welang Monologue Awards 2011 digelar !

SAWMA - Sastra Welang Monologue Awards 2011 digelar !

SAWMA ( Sastra Welang Monologue Awards ) digelar untuk pertamakalinya oleh Teater Sastra Welang yang didukung oleh Balai Bahasa Provinsi Bali dan Bentara Budaya Bali. SAWMA, sebuah perayaan festival monolog yang direncanakan digelar setiap tahun ini melibatkan komunitas teater umum, teater kampus, maupun teater SMA yang ada di Bali. SAWMA diharap mampu menjadi salah satu media alternatif para pekerja seni pertunjukan untuk dapat berkreasi dalam seni pemanggungan monolog. SAWMA 2011 menampilkan 18 kelompok dari 16 group teater yang ada di Bali. Dengan memainkan naskah – naskah monolog yang sudah ditentukan oleh panitia, tentunya dengan pertimbangan bobot naskah yang teruji, kandungan naskah yang sarat akan pesan – pesan moral dan humanis. Kesepuluh naskah pilihan yang disiapkan panitia untuk dipilih oleh peserta penampil tahun ini adalah Surat Kepada Setan ( Putu Wijaya ), Balada Sumarah ( Tentrem Lestari ), Kucing Hitam ( Edgar Alan Poe ), Kasir Kita ( Arifin C Noer ),  Aut ( Putu Wijaya ) , Masmirah ( Arthur S Nalan ), Tolong ( Nano Riantiarno ), Monolog Topeng ( Rachman Sabur ), Bahaya Racun Tembakau ( Anton Chekov , adaptasi Cok Sawitri) dan Marsinah Menggugat ( Ratna Sarumpaet )


Dalam penyelenggaraan SAWMA 2011, dewan juri akan bekerja keras menentukan siapa yang berhak menerima penghargaan piala SAWMA untuk kategori aktor terbaik, aktris terbaik, sutradara terbaik, penata musik terbaik , penata artistik terbaik dan pementasan terbaik. Selain mendapatkan hadiah uang tunai, peserta yang masuk nominasi akan mendapatkan paket buku - buku sastra karya sastrawan Indonesia, diantaranya Oka Rusmini, Frans Nadjira, Cok Sawitri, Agus R Sarjono, Hanna Fransisca, Wayan Sunarta,  Putu Bawa Samar Gantang, Nana Sastrawan, Wa Ode Wulan Ratna, Made Sugianto dll, juga album solo penyanyi Ayu Laksmi bertajuk Svara Semesta akan dibagikan kepada tiap pemenang. Tahun ini yang didaulat menjadi dewan juri SAWMA adalah Cok Sawitri, Putu Satria Kusuma dan Moch Satrio Welang. Mereka akan menentukan lima nominator dalam masing – masing kategori.  

Para peserta SAWMA 2011 adalah komunitas teater umum, teater kampus maupun teater SMA di Bali yang sebelumnya telah mengajukan aplikasi pendaftaran festival kepada panitia. Ke 18 monologer yang tampil tahun ini adalah Velinda Arista Putri ( Teater Orok Udayana ),  Lisna Effendi ( Kelompok 108 - umum), Linda Trisnayanti  ( Teater Orok Udayana ) , Maulana Putra Dandiasri ( Teater Kini Berseri  - Umum) , Benny Dippo Pratama ( Teater Kini Berseri - Umum), Putu Raditya Pandet ( Komunitas Mata - Umum ), Ferry Bhatthara ( Komunitas Lensa Merah – ISI Denpasar) , Megawati Rosalio Putri ( Teater Tiga – SMAN 3 Dps ) ,Sofia ( Theatre of Human – SMK Harapan) , Rosdiana Effendi (  Teater Topeng – SMAN 2 Dps ),  Zayd Rifqy Zulqarnayn ( Teater Angin – SMAN 1 Dps) , Didi Saputra ( Teater Merah – Umum) , Dwi Larashati ( Teater Ombak – SMAN 1Kuta Utara) , Nanda Wahyu Saputra (  Teater Teras – SMAN 1 Kuta), Heri Windi Anggara ( Teater LAH 24 – umum), Lydia Damara Raj Suweda  ( Teater Antariksa – SMAN 7 Dps ), Andre Tanjaya  (  Teater La Jose - SMAK Santo Yoseph ) dan Isnah Nur Bintari ( umum)

SAWMA 2011 secara resmi digelar selama tiga hari di dua lokasi yang berbeda yakni pada hari Sabtu – Minggu,  28 – 29 Mei 2011 di Balai Bahasa Provinsi Bali , yang setiap hari menampilkan sembilan pertunjukan, dimulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore.  Malam puncaknya akan digelar di Bentara Budaya Bali pada hari Selasa, 31 Mei 2011 pukul 6 sore yang menampilkan para seniman – seniman papan atas di Bali diantaranya Abu Bakar, Cok Sawitri, Nyoman Sura, Pranita Dewi,Teater Mimba, Komunitas Sahaja , Dewi Rejeki dll.

Malam Puncak Penganugerahan SAWMA 2011 menampilkan pementasan utama yakni pementasan Monolog Cok Sawitri yang membawakan naskah Bahaya Racun Tembakau. Cok Sawitri mengadaptasi naskah karya Anton Chekov tersebut dalam sebuah pemanggungan improvisasi pementasan Arja Satu. Disini akan kita saksikan kepiawaian Cok Sawitri dalam panggung Monolog yang sebelumnya tampil dalam pentas – pentas monolog nasional maupun international di antaranya Monolog Aku Bukan Perempuan Lagi ( 2004 ) dalam Pesta Monolog Dewan Kesenian Jakarta di Taman Ismail Marzuki. Cok Sawitri sempat berkolaborasi dengan Dean Moss dari New York dalam acara Dance Theater. Selain aktivis teater, Cok juga menulis artikel, puisi, cerita pendek dan novel. Karya-karya pertunjukannya antara lain Meditasi Rahim, Pembelaan Dirah, Permainan Gelap Terang,  Puitika Melamar Tuhan, Aku Bukan Perempuan Lagi, dan lain-lain. Pada tahun 2010, Cok Sawitri mementaskan Percakapan Sunya Nirvana di Ubud Writers And Readers Festival. Novelnya Janda Dari Jirah (2007) dan Sutasoma (2009). Ia menerima Anugerah Dharmawangsa tahun 2010.

Malam Penganugrahan Seni SAWMA 2011 juga memberikan penghargaan tertinggi yakni Lifetime Achievement Awards kepada Bapak Abu Bakar atas pengabdian seumur hidup di bidang teater.  Bahkan salah seorang pesohor sastra , Umbu Landu Paranggi sempat mengatakan bahwa Abu Bakar adalah Mbahnya Monolog di Bali. Dalam malam puncak tersebut, akan diputar slide perjalanan panjang Bapak Abu Bakar di dunia teater modern di Bali yang dimulai sejak tahun 1964. Abu Bakar lahir di Denpasar, 1 Januari 1944. Pendiri Teater Poliklinik ini sudah puluhan tahun mendedikasikan hidupnya untuk seni pertunjukan, sastra dan film. Karya-karyanya antara lain Wanita Batu (Monolog, 2006), Bali Menangis (sinetron, 2004), Komedi Hitam, dll.  Bersama kelompok teater dari Perancis pentas keliling Indonesia membawakan  naskah Mayora (1980). Tahun 1990, berkolaborasi dengan Ikranegara mengadakan pertunjukan Berani-Beraninya Menunggu Godot.di Amerika. Menulis puisi, cerpen, novel dan skenario film, di antaranya Tuhanku Kupu-kupu (Cerpen), Lukamu Dukaku (sinetron, 1993), Surat Cinta (cerpen), Menunggu (novel), dan lain sebagainya.

Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali, Bapak C. Ruddyanto menyampaikan kegembiraannya atas penyelenggaraan SAWMA 2011, disela – sela kesibukannya beliau mengatakan, “ SAWMA merupakan bukti kelesuan sastra tidak perlu berlarut. Dia diharapkan akan menjadi salah satu tungku gairah yang terus membara, tidak sekadar menjadi tempat calon pesastra berdiang,tetapi juga ajang mengolah karsa menjadi karya. Walaupun bidang kiprahnya Monolog, SAWMA sendiri adalah dialog yang pantas bersambut untuk memetakan kehidupan sastra yang merayakan kemanusiaan kita. “

Hal senada juga disampaikan oleh penyair Bali, Warih Wisatsana, “Setiap upaya mengembangkan kehidupan kreatif, harus diapresiasi dan dihargai. Kita perlu ruang kreasi yang sehat, dimana anak muda meneguhkan pilihan masa depannya serta belajar membangun kebersamaan.”

Untuk Info Lebih Lanjut
Moch Satrio Welang (081 916 384 162)
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
JADWAL PEMENTASAN SAWMA 2011
 
HARI PERTAMA
Hari/ Tgl : Sabtu, 28 MEI 2011
Waktu : 10.00 pagi – selesai
Tempat : BALAI BAHASA PROVINSI BALI
Jl. Trengguli 1/20 Tembau Denpasar


1. KOMUNITAS LENSA MERAH – ISI DENPASAR
Aktor : Ferry Bhattara / Sutradara : Ferry Bhattara
Naskah : Aut / Karya : Putu Wijaya

2. TEATER TIGA – SMAN 3 DENPASAR
Aktor : Megawati Rosalio Putri / Sutradara : Yurika Ari Mahayuni
Naskah : Marsinah Menggugat / Karya : Ratna Sarumpaet

3. KELOMPOK 108 – UMUM
Aktor : Lisna Effendi / Sutradara : Dedi Dwiyanto
Naskah : Masmirah / Karya : Arthur S Nalan

4. TEATER OROK – UNIVERSITAS UDAYANA
Aktor : Linda Arista Putri / Sutradara : Andika Pratama
Naskah : Marsinah Menggugat / Karya : Ratna Sarumpaet

5. TEATER OMBAK – SMAN 1 KUTA UTARA
Aktor : Dwi Larashati / Sutradara : Agus Purwanto
Naskah : Tolong /Karya : Nano Riantiarno

6. THEATER OF HUMAN – SMK HARAPAN DENPASAR
Aktor : Sofia / Sutradara : Mudita Pangestu
Naskah : Balada Sumarah / Karya : Tentrem Lestari

7. TEATER TOPENG – SMAN 2 DENPASAR
Aktor : Rosdiana Effendi / Sutradara : Maureen Tyas Lestari
Naskah : Masmirah / Karya : Arthur S Nalan

8. TEATER TERAS – SMAN 1 KUTA
Aktor : Nanda Wahyu Saputra / Sutradara : Afif Mahfudz
Naskah : Surat Kepada Setan / Karya : Putu Wijaya

9. KOMUNITAS MATA – UMUM
Aktor : Raditya Pandet / Sutradara : Raditya Pandet
Naskah : Aut / Karya : Putu Wijaya


HARI KEDUA
Hari / Tgl : Minggu, 29 MEI 2011
Waktu : 10.00 pagi – selesai
Tempat : BALAI BAHASA PROVINSI BALI
Jl. Trengguli Tembau Denpasar

1. TEATER LA JOSE – SMK SANTO YOSEPH DENPASAR
Aktor : Andre Tanjaya / Sutradara : I Komang Agus Putra Paramartha
Naskah : Kucing Hitam / Karya : Edgar Alan Poe

2. TEATERLAH 24 – UMUM
Aktor : Heri Windi Anggara / Sutradara : Dadi Reza Pujiadi
Naskah : Kasir Kita / Karya : Arifin C Noer

3. ISNAH NUR BINTARI – UMUM
Aktor : Isnah Nur Bintari / Sutradara : Isnah Nur Bintari
Naskah : Masmirah / Karya : Arthur S Nalan

4. TEATER KINI BERSERI – UMUM
Aktor : Benny Dippo Pratama / Sutradara : Indra Parusha
Naskah : Surat Kepada Setan / Karya : Putu Wijaya

5. TEATER OROK – UNIVERSITAS UDAYANA
Aktor : Linda Trisnayanti / Sutradara : Sri Prami Utami
Naskah : Balada Sumarah / Karya : Tentrem Lestari

6. TEATER KINI BERSERI – UMUM
Aktor : Maulana Putra Dandiasri / Sutradara : Indra Purnama
Naskah : Kasir Kita / Karya : Arifin C Noer

7. TEATER ANTARIKSA – SMAN 7 DENPASAR
Aktor : Lydia Damara Raj Suweda / Sutradara : Aulia Erzha Putri
Naskah : Tolong / Karya : Nano Riantiarno

8. TEATER ANGIN – SMAN 1 DENPASAR
Aktor : Zayd Rifqi Dzulqarnayn / Sutradara : Wulan Dewi Saraswati
Naskah : Bahaya Racun Tembakau
Karya : Anton Chekov , Adaptasi Cok Sawitri

9. TEATER MERAH – UMUM
Aktor : Didi Saputra / Sutradara : Novi Dwijayanti
Naskah : Surat Kepada Setan / Karya : Putu Wijaya

MALAM PENGANUGERAHAN ( AWARDING NIGHT )
SELASA - 31 MEI 2011
BENTARA BUDAYA BALI
JL.Profesor Ida Bagus Mantra Ketewel
Abu Bakar - Lifetime Achievement Awards
Cok Sawitri – Monologue Bahaya Racun Tembakau
Nyoman Sura – Contemporary Dance ‘Circle Of Life’
Pranita Dewi – Poetry Reading ' Pelacur Para Dewa'
Teater Mimba ( Muda Wijaya ) – Performing Art ‘Kalimah Nangroe’
Putu Rastiti – Ketut Sudiani - Poetry Reading
Made Purnamasari – Poetry Reading
Dewi Rejeki feat Mata – Mata Orchestra
LV C&C Models on SHOPisticated – Art Ethnic Fashion Show
Garespha HipHop
Nosstress Blues / Jazz Acoustic

Awards Presenters:
Indra Parusha – Frischa Aswarini
Muda Wijaya – Yuanita Ramadani
Joan Valentina – Bayu Mahardika
Dadi Reza Pujiadi – Novi Dwijayanti
Pranita Dewi – Isnah Nur Bintari
Cok Sawitri – Putu Satria Kusuma

Awards Host: Moch Satrio Welang
"SAWMA - Sastra Welang Monologue Awards 2011 digelar !" was posted by: World Spy blogs, under category penghargaan sastra and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2011/05/sawma-sastra-welang-monologue-awards.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Monday, May 30, 2011, 2:57 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger