»
»
»Tempe Pun Bisa Jadi Kue Tart

Tempe Pun Bisa Jadi Kue Tart


Tempe, yang biasanya hanya direbus atau digoreng, ternyata bisa diolah menjadi aneka makanan yang sangat berkelas dan menggoda selera. Di tangan kreatif ibu-ibu di Sleman, DIY, tempe ternyata bisa dijadikan kue tart, burger, steak, kue coklat, bahkan puding dan sebagainya.


 

 


 

Lihatlah aneka makanan berkelas yang sangat menggoda selera ini. Ada kue tart yang sangat cantik. Steak. Burger. Aneka kue dan biskuit coklat.  Puding. Nugget dan sebagainya. Namun, berbeda dengan makanan serupa yang sudah sering anda lihat, makanan-makanan berkelas ini ternyata tidak dibuat dari bahan seperti biasanya.
Siapa menduga, makanan-makanan ini ternyata dibuat dari bahan dasar tempe. Di tangan kreatif ibu-ibu di Sleman, tempe-tempe ini tak lagi hanya pelengkap makanan keseharian masyarakat kelas bawah, namun, tampil menjadi makanan berkelas yang kerap disajikan dalam pesta-pesta.
Guna memberikan apreasiasi terhadap karya kreatif para ibu tersebut, pihak Pemkab Sleman pun menggelar lomba khusus makanan berbahan dasar tempe. Lomba ini digelar sebagai upaya mengangkat keberadaan tempe menjadi bahan makanan berkelas dan memberikan variasi makanan dari tempe guna mengurangi kebosanan masyarakat pada makanan tersebut.
Apalagi, makanan ini diketahui sangat mengandung gizi tinggi dan tanpa resiko lain yang bisa mengganggu kesehatan, seperti lemak dan kolesterol,” kata Ir Sri Kanoni MS, dosen Fakultas Teknologi Pertanian UGM, yang menjadi salah satu juri dalam lomba tersebut.
Jika anda tertarik mencoba membuat aneka makanan berkelas dengan bahan tempe ini,  menurut Sri Kanoni, satu hal yang patut diperhatikan adalah ketelitian dalam menentukan komposisi tempe dengan bahan lain. Sebab, jika terlalu banyak bahan tempenya, rasanya justru akan pahit. Sementara, jika bahan tempenya terlalu sedikit, justru akan menghilangkan karakter, rasa dan gizi makanan dari kedelai itu. Nah, anda tertarik?. Selamat mencoba. (*)
"Tempe Pun Bisa Jadi Kue Tart" was posted by: World Spy blogs, under category kreasi tempe and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2011/05/tempe-pun-bisa-jadi-kue-tart.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Wednesday, May 4, 2011, 2:34 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger