»
»
»Cara Membuat Tampilan Blog Kamu Makin Menarik di Blogger

Cara Membuat Tampilan Blog Kamu Makin Menarik di Blogger

Cara Membuat Tampilan Blog Makin Menarik
Cara membuat tampilan blog makin menarik bisa dibilang gampang-gampang susah, namun apabila kalian tau dan paham kode-kode pemrograman, maka hal ini akan sangat mudah. Sebelum memulai membahasnya lebih lanjut, kita satukan definisi menarik supaya tidak terjadi perbedaan pandangan. Menarik yang admin bahas disini adalah bagaimana tampilan blog yang interface friendly atau tampilan yang tidak membuat para pengunjung bingung saat menjelajah blog kita, karena banyak blog diluaran sana yang tampilannya sangat saking luar biasa indahnya dengan widget, permainan warna dan animasi yang ada dimana-mana yang tidak mengenakkan untuk berlma-lama di blog tersebut.

Nah, sekali lagi disini, menarik adalah bagaimana pengunjung bisa betah berlama-lama membaca tulisan di blog kita dengan permainan warna dan widget seperlunya namun tetap memperhatikan SEO. Apa saja yang yang perlu diperhatikan untuk membuat blog menjadi menarik, berikut ulasannya.

1. Postingan/ Tulisan /Artikel
Karena yang dicari dan dibaca di blog adalah postingan, maka hal ini perlu mendapat perhatian khusus dalam hal tata cara menulis dan setidaknya tahu alur dalam menulis. Setidaknya kita tahu penggunaan tanda titik, koma, tanda seru, tanda tanya, garis bawah dan lain sebagainya, begitu juga dalam hal penggunaan huruf besar dan huruf kecil, jangan sampai tulisan kita seperti tulisan 4Lay yang membuat mata pembaca jadi melintir. Perhatikan juga panjang kalimat dan paragrafnya, selain itu menulislah dengan lengkap (maksudnya jangan disingkat-singkat).

Dalam prakteknya banyak juga karena ingin mengejar SERP, SEO dalam tulisan sangat over yang membuat para pembaca jadi tidak nyaman saat membaca. Hal ini sangat penting juga, isi dan informasi dalam postingan tersebut harus kaya.

2. Widget
Widget sendiri bisa dikatakan sebagai alat pendukung dalam blog yang bertujuan untuk memfasilitasi pembaca dan secara tidak langsung bisa menjadi alat untuk menghidupkan blog kalian dan bisa membuat blog kalian makin ramai. Widget yang secara umum ada pada sebuah blog yaitu kotak pencarian, label/tag, kotak komentar, arsip artikel, kolom tulisan terbaru, kotak langganan surel dan RSS Feed. Dalam perkembangannya, banyak widget yang juga dikembangkan oleh suatu web maupun sosial media seperti facebook, twitter, youtube dll dengan berbagai bentuk widget seperti tombol share, kolom halaman komunitas, chatbox, audio, radio dan masih banyak lainnya.

Memang banyak widget yang pasti menarik untuk kita pasang dalam sebuah blog, namun harus dipikirkan lagi widget mana yang cocok dan sesuai dengan blog kita, karena terlalu banyak widget juga tidak menjadikan blog kita menarik, jangan sampai blog kita berubah fungsi menjadi blog gudang widget hehehe

3. Template
Template merupakan dasar dari sebuah blog, tempat melekatnya postingan kita dan widget pendukung lainnya. Template bisa diibaratkan wajah dasar dari sebuah blog, kalau wajah dasarnya jelek mau dipoles dengan postingan dan widget yang indah sekalipun tidak cukup powerful untuk mengubahnya menjadi menarik. Jadi hal ini wajib dalam membuat blog menjadi menarik.

Cara Membuat Tampilan Blog Makin Menarik
Menariknya membuat blog menggunakan blogger adalah, kita bisa secara leluasa mengubah dan mengotak-atik tampilan template sesuai yang kita kehendaki, karena template blogger bisa dibilang open source namun setidaknya kita mengerti dan paham bahasa pemrograman seperti HTML, javascript, CSS dll. Tinggal buka blogger buka tab Template, trus klik Edit HTML.

Cara Membuat Tampilan Blog Makin Menarik
Apabila kalian tidak mengerti bahasa pemrograman, jangan khawatir masih banyak opsi untuk mengubah tampilan template menjadi menarik.

Cara Membuat Tampilan Blog Makin Menarik
Dalam blogger sendiri terdapat fitur mengubah tampilan template yaitu Perancang Template Blogger, disana sudah terdapat banyak pilihan template dari berbagai tema seperti tema Sederhana, tampilan dinamis, jendela gambar, PT Keren Sekali, Tanda Air, Kelembutan, Perjalanan. Selain itu, setelah kalian memilih temanya kalian bisa mengubah beberapa bagian temanya di pilihaan Latar belakang, Sesuaikan lebar, Tata letak dan Tingkat lanjut.

Jika kalian tidak menyukai pilihan tema yang disediakan oleh blogger, kalian masih bisa cari ribuan template lainnya di penyedia template seperti btemplates.com, mybloggerthemes.com, zoomtemplate.com, themeforest.net dll. Atau bisa kalian sarch sendiri dengan kata kunci "blogger template".

Yang terakhir namun terpenting adalah sesuaikan template kalian dengan tema blog yang kalian buat, jangan sampai blog tentang catatan harian menggunakan template bergaya newspaper ataupun magazine dengan banyak kolom dengan tampilan yang sistematis. Ok, sekian penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat blog menjadi menarik, semoga artikel kali ini berguna dan bermanfaat ya. :)
"Cara Membuat Tampilan Blog Kamu Makin Menarik di Blogger" was posted by: World Spy blogs, under category BlogBloggerBlogspot and permalinks https://world-spy.blogspot.com/2014/06/cara-membuat-tampilan-blog-makin-menarik.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Thursday, June 5, 2014, 1:10 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger