»
»
»Festival Kethoprak Antar Kabupaten/Kota se-DIY Tahun 2010, 17 - 19 Desember di TBY

Festival Kethoprak Antar Kabupaten/Kota se-DIY Tahun 2010, 17 - 19 Desember di TBY

Sebagai realisasi program kegiatannya tahun 2010, Taman Budaya Yogyakarta bekerjasama dengan kabupaten dan kota akan menyelenggarakan festival ketoprak Mataram antar kabupaten dan kota se-daerah Istimewa Yogyakarta. Acara akan digelar di Gedung Societed, tanggal 17 - 19 Desember 2010.

Jejaring Info Peristiwa Kesenian di Yogyakarta mengungkapkan, kegiatan ini berpijak pada pemikiran bahwa ketoprak Mataram merupakan salah satu bentuk kesenian tradisi yang masuk dalam kategori teater tradisi yang mempunyai kedekatan dengan masyarakat pendukungnya. Mataram adalah sebutan sebuah kota kerajaan yang ada di Yogyakarta, di dalamnya hidup berbagai macam bentuk kesenian salah satunya adalah ketoprak.

Ketoprak yang hidup dan berkembang di Mataram bisa disebut juga ketoprak Mataram yang sangat lekat dengan kehidupan masyarakat Yogyakarta atau Mataram, yang sampai saat ini masih bisa dirasakan eksistensinya.

Di daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya ketoprak Mataram merupakan kesenian tradisi yang sangat konsisten di dalam mempertahankan nilai-nilai tradisi yang menyangkut tata nilai, norma, etika dan estetika yang merupakan roh kehidupan masyarakat. Di samping itu juga adat istiadat, bahasa, dan kejiwaan masyarakat Yogyakarta yang masih memegang teguh terhadap adat ketimuran. Adapun unsur seni tradisi yang tidak bisa terlepas dari perkembangan ketoprak Mataram diantaranya : Ontowecono, unggah-ungguh, tembang, keprak dan iringan. Tajuk festival ketoprak tahun 2010 dimunculkan kata “MATRAM” untuk mengangkat ikon seni budaya Yogyakarta yang mencitrakan diri sebagai seni budaya Mataram.

Sejarah Mataram sangat besar dan luas termasuk cerita legenda yang masih dipercaya untuk menentukan tafsir lakon atau cerita dari sekian banyak cerita sejarah Mataram termasuk legenda, maka lakon atau cerita diambil berdasarkan “sejarah Pajang sampai Mataram”. Setiap kontingen bebas memilih lakon-lakon yang berhubungan dengan pemilihan cerita tersebut. Berpijak pada hal tersebut di atas ketoprak Mataram akan dikemas dengan durasi waktu 60 menit sampai 75 menit.

Acara Festival Ketoprak antar Kabupaten dan Kota Se Daerah Istimewa Yogyakarta yang akan diselenggarakan pada :
Hari : Jumat, Sabtu, Minggu
Tanggal : 17, 18,19 Desember 2010
Tempat : Gedung Sositet Taman Budaya Yogyakarta
Jl Sriwedani No 1 Yogyakarta

Sedangkan, jadwal pementasannya adalah:

“ Barat Katiup Angin”
Naskah : RM. Altiyanto Henryawan
Kontingen Kota Yogyakarta
17 Desember 2010

“Pathi Kasaput Pedhut”
Naskah : Angger S.U
Kontingen Kabupaten Gunung Kidul
17 Desember 2010

“Putri Boyongan “
Naskah : Heru Santoso
Kontingen Kontingen Kabupaten Bantul
18 Desember 2010

“Geger Karangsambong”
Naskah : Djarwo SP
Kontingen Kabupaten Sleman
18 Desember 2010

“Baru klinthing”
Naskah : Benectus Sukardi
Kontingen Kabupaten Kulon Progo
19 Desember 2010 (*)
"Festival Kethoprak Antar Kabupaten/Kota se-DIY Tahun 2010, 17 - 19 Desember di TBY" was posted by: World Spy blogs, under category and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/12/festival-kethoprak-antar-kabupatenkota.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Sunday, December 12, 2010, 1:46 AM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger