»
»
»Jogjakarta Karawitan Festival: aransemen ulang karya 3 maestro gamelan

Jogjakarta Karawitan Festival: aransemen ulang karya 3 maestro gamelan

Anda penggemar maestro gamelan Ki Marta Pangrawit, Ki Narto Sabdo dan Ki Tjokrowasito? atau sekedar ingin menikmati sajian musik tradisional jawa (gamelan) yang berbeda, sebagai bentuk kepedulian terhadap tradisi bangsa sendiri. Ajang "Jogjakarta Karawitan Festival" ini mungkin bisa jadi pilihan. Di pergelaran karawitan tradisi dalam format Festival non lomba ini, akan disajikan karya-karya 3 maestro gamelan tersebut, namun, sudah diaransemen ulang dan disajikan dalam pola mebarung oleh ISI Yogyakarta, ISI Surakarta dan Kelompok karawitan Cahyo Laras dari Klaten.

Acara akan digelar pada hari Minggu, tanggal 19 Desember 2010 mulai pukul 19.30 WIB di Gedung Concert Hall ISI Yogyakarta. Acaranya gratis dan terbuka untuk umum. Apa dan bagaimana kegiatan tersebut? berikut kutipan tentang acara tersebut, seperti dirilis oleh Info Peristiwa Kesenian di Yogyakarta:

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Pada era global ini di belahan dunia manapun banyak ditemukan kelompok-kelompok gamelan dan karawitan Jawa. Beberapa yang dapat dicontohkan di sini adalah Kelompok Mager Sari di Osaka, Sumunar di Amerika, Hanuman di Finlandia, dll. Hal ini menunjukkan bahwa gamelan telah dikenal luas di seluruh dunia, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa gamelan telah mendunia. Namun demikian, ironisnya di dalam masyarakat Jawa sendiri, kehidupan gamelan dan kelompok-kelompok karawitan Jawa tidaklah menggembirakan.

TUJUAN KEGIATAN
- Melestarikan tradisi karawitan Jawa
- Meningkatkan apresiasi masyarakat dunia terhadap gamelan dan garap karawitan Jawa.
- Membangun proses transmisi dan diseminasi karawitan Jawa
- Meningkatkan kreativitas seniman karawitan Jawa dalam menciptakan gending-gending tradisi
- Membangun forum komunikasi - interaksi antar seniman Jawa, pemerhati, dan pecinta karawitan Jawa di seluruh dunia

BENTUK KEGIATAN
- Pergelaran karawitan tradisi dalam format Festival non lomba. Untuk kali yang pertama akan menyajikan karya-karya 3 orang maestro karawitan Jawa yaitu Ki Marta Pangrawit, Ki Narto Sabdo, dan Ki Tjokrowasito. Karya ketiga maestro ini akan diaransemen ulang dan disajikan dalam pola mebarung oleh ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, dan Kelompok karawitan Cahyo Laras dari Klaten
- Seminar Karawitan : 4 Pilar penyangga Karawitan Jawa
Dengan pembahas Pembahas Prof. Dr. Rahayu Supanggah,
Prof Dr. Timbul Haryono

WAKTU KEGIATAN
- Konser karawitan dilaksanakan Minggu 19 Desember 2010 pukul 19.00
- Seminar dilaksanakan Sabtu 18 Desember 2010 pukul 09.30 WIB.

TEMPAT KEGIATAN
- Kedua Kegiatan dilaksanakan di gedung Concert Hall ISI Yogyakarta
Jalan Parangtritis Yogyakarta.

PENYELENGGARA KEGIATAN
ISI Yogyakarta
Jln. Parangtritis Km 6.5 Yogyakarta (*)
"Jogjakarta Karawitan Festival: aransemen ulang karya 3 maestro gamelan" was posted by: World Spy blogs, under category festival gamelan and permalinks http://world-spy.blogspot.com/2010/12/jogjakarta-karawitan-festival-aransemen.html. Ratings: 1010 Votings: 97,687, Friday, December 3, 2010, 5:36 PM.

Comments :

 
© 2012 World Spy
Is Hosted by Blogger